Monday, April 22, 2013

Andropause


ANDROPAUSE
Seperti halnya pada wanita, pada  Usia tua pria mengalami keadaan yang  disebut andropause pada pria terjadi secara perlahan dan pada usia yang lebih lanjut, akibat penurunan secara perlahan   kadar hormon testosteron, androgen, hormon pertumbuhan, melatonin, dll. Keadaan ini biasanya terjadi pada usia 55 tahun keatas.
Masalah Kesehatan Akibat Andropause
Berkurangnya beberapa hormon tersebut, akan mengakibatkan beberapa keluhan, antara lain :
1.      Keluhan Seksual.
Kekurangan hormon testosteron akan mengurangi keinginan seksual (libido) dan gangguan ereksi pada lelaki.
2.      Penurunan kekuatan otot.
Menurunanya beberapa hormon androgen pada laki-laki, akan mengakibatkan penurunan metabolisme protein, oksidasi lemak, peningkatan timbunan lemak dan  penurunan kekuatan otot. Akibatnya terjadi penurunan massa otot bila dibandingkan massa otot pada usia muda.
3.      Osteoporosis.
Kejadian Osteoporosis pada laki-laki tidak sebanyak pada wanita, karena massa tulang laki-laki lebih besar. Osteoporosis  pada laki-laki dapat diperberat oleh  penggunaan alcohol,kortikosteroid, factor genetic, pe;nuaan.
4.      Kepikunan/demensia Alzheimer.
Penurunan  kadar testosteron pada laki-laki  akan mempengaruhi daya ingat dan fongsi kognitifnya. Pada  kondisi yang berat akan terjadi gejala kepikunan hebat, yang disebut sebagai kepikunan   Alzheimer.

No comments:

Post a Comment